Wednesday, March 13, 2013

Bebaskan Hatimu

Buku doa Fransiskus dari Sales ini sangat sesuai dengan kebutuhanku saat ini. Salah satu dari buku serial doa 30 Hari Bersama Mahaguru Spiritual ini membawaku membuka lembaran-lembaran baru di awal tahun 2013.

Di hari pertama, doanya sudah sangat menyentil diriku, "Jangan tergesa-gesa, langkah yang tergopoh-gopoh bisa tersandung." Tapi, yang paling berkesan adalah hadirnya teguran Yesus kepada Marta, "Marta, Marta, engkau terlalu khawatir dan menyusahkan diri dengan banyak persoalan." Teguran ini langsung terasa sebagai teguran bagi diriku, yang tampaknya lebih sering mengikuti langkah Marta daripada langkah Maria. Teguran di awal tahun ini memang seperti khusus diberikan untuk refleksi bagi diriku,

Pesan di hari kedua adalah "Biarkan Allah melakukan bagianNya. Bersabarlah." Terkadang sebuah proses tidak tampak mengarah pada hasil yang berdampak baik, tetapi di balik itu ada rencana Allah. Dan, sering kali kita tidak cukup pandai untuk membaca rencanaNya, atau mungkin juga Ia membiarkan kita untuk mencoba meletakkan segala harapan dan kekhawatiran kepadaNya. Ia menginginkan pengakuan iman kita.

Bacaan harian yang reflektif dari buku ini sangat membantu untuk membawa pembaca ke dalam keheningan hati dan membantu melihat ke dalam hati yang lebih bening.


No comments:

Post a Comment