Wednesday, April 11, 2007

Sejarah Paskah dan Easter

Selasa, 10-04-2007 15:57:53 oleh: Melinda N Wiria Kanal: Opini

Anak-anak sekolah minggu dengan gembira menjinjing keranjang kecil yang dihias dengan cantik sembari berlari-lari disekeliling halaman gereja berlomba mencari telur-telur Paskah yang disembunyikan oleh guru sekolah minggu. Aktivitas didalam gereja tidak kalah seru, para remaja sibuk dengan kreativitas masing-masing berlomba menghias telur Paskah. Ini adalah sekilas aktivitas Paskah yang pernah saya alami semasa kecildan masih terus berlanjut hingga sekarang di gereja-gereja lain di seluruh dunia.
Waktu kecil, rasa ingin tahu saya cukup besar. Saya suka membaca Alkitab lalu membandingkan kegiatan / tradisi yang dilakukan orang Kristen dengan apa yang ditulis di Alkitab. Saya sering mempertanyakan kenapa ada pohon Natal? Padahal di Alkitab tidak ditulis tentang pohon itu. Saya mempertanyakan kenapa harus merias dan mencari telur saat Paskah padahal dalam Alkitab tidak tertera hal tersebut. Jawaban yang saya dapat dari guru sekolah minggu saya adalah "mungkin waktu Yesus disalib, banyak kelinci yang bertelur di sekitar Golgota" (WHAT??). Namun, saya harus puas dengan jawaban seadanya.
Paskah atau Easter?
Sebelum saya mulai, saya akan membedakan antara Paskah dan Easter. Penting diingat bahwa Paskah dan Easter mempunyai makna dan pengertian yang berbeda.
Paskah yang kita rayakan.
Apa sih latar belakang perayaan Paskah? Mari kita lihat di Keluaran 12:13-18
(13) Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.
(14) Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya. (15) Kamu makanlah roti yang tidak beragi tujuh hari lamanya; pada hari pertamapun kamu buanglah segala ragi dari rumahmu, sebab setiap orang yang makan sesuatu yang beragi, dari hari pertama sampai hari ketujuh, orang itu harus dilenyapkan dari antara Israel.
(16) Kamu adakanlah pertemuan yang kudus, baik pada hari yang pertama maupun pada hari yang ketujuh; pada hari-hari itu tidak boleh dilakukan pekerjaan apapun; hanya apa yang perlu dimakan setiap orang, itu sajalah yang boleh kamu sediakan.
(17) Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.
(18) Dalam bulan pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu pada waktu senja, kamu makanlah roti yang tidak beragi, sampai kepada hari yang kedua puluh satu bulan itu, pada waktu senja.
Paskah awalnya adalah perayaan dimana Tuhan meluputkan bangsa Israel dari malapetaka maut dimana semua anak pertama bangsa Mesir dicabut nyawanya oleh malaikat Tuhan. Dalam Alkitab bahasa Inggris di ayat Keluaran 12:13 ditulis "And the blood shall be to you for a token upon the houses where you are and when I see the blood, I will pass over you, and the plague shall not be upon you to destroy you, when I smite the land of Egypt". Dari kata ‘pass over' itulah maka Paskah dalam bahasa inggris diterjemahkan menjadi Passover sedangkan dalam bahasa Yunani ditulis "Pascha".
Kapan Paskah diadakan? Paskah ditetapkan oleh Tuhan untuk dirayakan pada bulan Abib (atau bulan April) pada tanggal ke empatbelas (Keluaran 12:18). Mari lihat di Ulangan 16:1-3 dan 6-7 tentang tata cara perayaan Paskah:
(1) "Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.
(2) Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN untuk membuat nama-Nya diam di sana.
(3) Janganlah engkau makan sesuatu yang beragi besertanya; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi besertanya, yakni roti penderitaan, sebab dengan buru-buru engkau keluar dari tanah Mesir. Maksudnya supaya seumur hidupmu engkau teringat akan hari engkau keluar dari tanah Mesir.
(6) Tetapi di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, engkau harus mempersembahkan korban Paskah itu pada waktu senja, ketika matahari terbenam, bertepatan dengan saat engkau keluar dari Mesir.
(7) Engkau harus memasaknya dan memakannya di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu; kemudian paginya engkau harus pulang kembali ke kemahmu.
Perayaan Paskah dimulai pada bulan pertama, yaitu bulan Abib, tanggal 14 dimana bangsa Israel mulai memotong hewan kurban persembahan pada waktu senja. Kemudian tanggal 15 bulan Abib, bangsa Israel akan memasak hewan kurban dan memakannya bersama. Perlu diperhatikan bahwa perhitungan penggantian hari yang kita kenal sekarang dimulai setelah jam 12 malam, sedangkan perhitungan penggantian hari bagi bangsa Israel dimulai setelah matahari terbenam. Jadi, ketika bangsa Israel mulai memotong hewan kurban kira-kira jam 6 sore ketika matahari terbenam maka saat itu masih tanggal 14 dan ketika sudah mulai gelap berarti sudah masuk tanggal 15. Saat makan daging hewan kurban itulah hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi.
Mari kita lihat apa yang dilakukan oleh Yesus Kristus pada malam sebelum Ia disalib. Di Lukas 22 ditulis bahwa Yesus memerintahkan kedua murid-Nya untuk mempersiapkan perjamuan Paskah. Dalam Imamat 23:5-7 ditulis :
(5) Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.
(6) Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.
(7) Pada hari yang pertama kamu harus mengadakan pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.
Kembali lagi ke Lukas 22, pada tanggal 14 bulan Abib, Yesus memerintahkan murid-Nya untuk mempersiapkan tempat untuk mengadakan perjamuan Paskah. Perjamuan ini disebut 'pertemuan kudus' dalam Imamat 23:7 (dan hingga sekarang disebut sebagai Perjamuan Kudus atau Holy Communion). Saat malam, tanggal 15 bulan Abib yaitu hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi, Yesus dan kedua belas murid-Nya mengadakan perjamuan Paskah. Yesus Kristus kemudian disalib pada hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi dan Ia bangkit dari kubur pada hari ketiga perayaan Roti Tidak Beragi.
Paskah terus dirayakan oleh bangsa Israel hingga sekarang. Namun makna perayaan Paskah terbagi menjadi dua ketika mulai lahirnya ke-Kristenan. Para pengikut Kristus merayakan Paskah untuk memperingati hari kebangkitan Yesus Kristus mengalahkan kematian. Perlu diingat bahwa orang Yahudi tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat oleh sebab itu orang Yahudi merayakan Paskah sebagai peringatan akan perlindungan Tuhan yang meluputkan bangsa Israel dari bahaya kematian di Mesir dan hingga sekarang orang Yahudi masih menantikan Mesias yang dijanjikan di Perjanjian Lama.
Easter yang seharus tidak kita rayakan.
Kata Easter berasal dari kata "Ishtar" dimana Ishtar adalah perayaan kebangkitan seorang dewa bernama Tamus. Siapakah Tamus? Kisah ini kembali ribuan tahun lalu ke jaman setelah Nabi Nuh dan keluarganya selamat dari banjir besar. Nuh punya 3 orang anak dan salah satu anaknya bernama Ham. Ham memiliki seorang anak bernama Cush dan menikah dengan seorang wanita bernama Semiramis. Cush dan Semiramis kemudian memiliki seorang putra bernama Nimrod (Kejadian 10:8-10). Nimrod dalam bahasa Ibrani berarti 'pemberontak'. Nimrod adalah pencipta sistem Babilonia dimana ia menciptakan tatanan pemerintahan dan hukum dasar perdagangan ekonomi. Melalui sistem Babilonia inilah Nimrod mendirikan kerajaan pertama di bumi, mendirikan kota-kota megah dan mencetuskan ide mendirikan menara Babel. Nimrod adalah orang pertama yang memperkenalkan penyembahan kepada setan (satanic worship). Nimrod begitu bejat sampai ia bersetubuh dengan ibu kandungnya sendiri yaitu Semiramis. Sang ibu kemudian hamil dan melahirkan anak bernama Tamus.
Ketika Nimrod meninggal, Semiramis ingin nama Nimrod menjadi abadi dan dipuja orang. Semiramis mendoktrinasi pengikutnya bahwa Nimrod telah naik ke tahtanya di matahari dan harus dipuja sebagai Baal yaitu sang dewa matahari. Semiramis sendiri menyatakan bahwa ia datang di Bumi melalui peristiwa dimana ia turun dari bulan dengan mengendarai 'telur besar' dan 'mendarat' di sungai Efrata (sekarang negara Irak). Peristiwa peringatan kedatangan Semiramis ditandai dengan telur yang dihias dan dinamai Ishtar eggs atau telur Easter. Kenapa dipilih telur? Karena telur dilambangkan sebagai kelanjutan dari hidup. Kemudian tradisi di jaman itu berkembang dimana orang-orang saling memberi telur yang telah dihias sebagai simbol untuk 'memberkati' orang lain dengan hidup baru. Bagaimana dengan kelinci? Bagi Semiramis, kelinci adalah binatang keramat dan kelinci dipakai sebagai hewan kurban di setiap perayaan Easter.
Sama seperti anaknya (atau 'suaminya') Nimrod yang dipuja sebagai dewa matahari, Semiramis dipuja orang sebagai dewa bulan. Tidak cukup sampai disitu, ketika Tamus tewas saat ia sedang berburu (sama seperti ayahnya, Nimrod, Tamus adalah seorang pemburu ulung), Semiramis menyatakan bahwa Tamus memiliki kedudukan yang sama seperti Nimrod dan harus disembah. Semiramis kemudian memberi gelar baru pada dirinya sendiri, yaitu Queen of Heaven atau Ratu Surga (Yeremia 7:18 dan Yeremia 44:17-25).
Adakah praktek penyembahan Tamus tertulis di Alkitab? Tentu saja ada. Dalam Yehezkiel 8:14- 16 ditulis :
(14) Lalu dibawa-Nya aku dekat pintu gerbang rumah TUHAN yang di sebelah utara, sungguh, di sana ada perempuan-perempuan yang menangisi dewa Tamus.
(15) Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, kaulihatkah apa yang mereka perbuat? Engkau masih akan melihat perbuatan-perbuatan kekejian yang lebih besar lagi dari pada ini."
(16) Kemudian dibawa-Nya aku ke pelataran dalam rumah TUHAN; sungguh, dekat jalan masuk ke bait TUHAN, di antara balai Bait Suci dan mezbah ada kira-kira dua puluh lima orang laki-laki, yang membelakangi bait TUHAN dan menghadap ke sebelah timur sambil sujud pada matahari di sebelah timur.
Ayat Alkitab ini menceritakan bagaimana Bait Allah di Jerusalem telah dirusak dan dinajiskan dengan praktek penyembahan dewa Tamus. Tembok-tembok Bait Allah telah bolong dan penuh dengan grafiti atau gambar-gambar berbagai macam mahluk dan binatang. Hal ini merupakan satu kekejian dihadapan Tuhan.
Kapan Paskah dan Easter dirayakan?
Perayaan Paskah dan Easter (atau Ishtar) adalah dua perayaan yang berbeda dan sama sekali tidak berhubungan. Perayaan Easter dirayakan setiap minggu pertama setelah pergantian dari musim dingin ke musim semi atau dikenal dengan perayaan Equinox. Perlu diketahui bahwa musim semi bisa maju atau mundur sehingga otomatis perayaan Easter pun bisa maju atau mundur dan berkisar di tanggal 22 Maret hingga 25 April. Sedangkan perayaan Paskah diadakan di bulan April tanggal 14. Oleh sebab itu tidak heran bila kadang-kadang Paskah dan Easter bisa jatuh pada hari atau minggu yang sama.
Apakah Raja Herodes merayakan Paskah atau Easter di Kisah Para Rasul 12:3-4? Dalam Kis 12:1-4 ditulis
(1) Kira-kira pada waktu itu raja Herodes mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dari jemaat.
(2) Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang.
(3) Ketika ia melihat, bahwa hal itu menyenangkan hati orang Yahudi, ia melanjutkan perbuatannya itu dan menyuruh menahan Petrus. Waktu itu hari raya Roti Tidak Beragi.
(4) Setelah Petrus ditangkap, Herodes menyuruh memenjarakannya di bawah penjagaan empat regu, masing-masing terdiri dari empat prajurit. Maksudnya ialah, supaya sehabis Paskah ia menghadapkannya ke depan orang banyak.
Ingat bahwa Raja Herodes bukanlah orang Kristen dan ia sangat membenci orang Kristen. Ketika Raja Herodes membunuh Yakobus dan ingin membunuh Petrus kebetulan saat itu sedang dalam masa perayaan Roti Tidak Beragi. Raja Herodes kemudian memenjarakan Petrus karena ia ingin merayakan Easter (bukan Paskah). Hal ini mungkin membingungkan karena Alkitab bahasa Indonesia menggunakan satu kata untuk dua perayaan yang berbeda maksud dan tujuan.
Apabila kita lihat ayat Kis 12:4 dalam Alkitab bahasa inggris versi King James (King James Version) maka akan terlihat perbedaannya:
(4) And when he had apprehended him, he put him in prison, and delivered him to four quaternion of soldiers to keep him; intending after Easter to bring him forth to the people.
Pada Alkitab bahasa inggris, kata "Paskah" diterjemahkan sebagai "Passover" bukan "Easter".
Sebagai contoh kita lihat salah satu ayat di Matius 26:17-19:
(17) Now on the first day of the Feast of the Unleavened Bread the disciples came to Jesus, saying to Him, "Where do You want us to prepare for You to eat the Passover?"
(18) And He said, "Go into the city to a certain man, and say to him, `The Teacher says, "My time is at hand; I will keep the Passover at your house with My disciples."
(19) So the disciples did as Jesus had directed them; and they prepared the Passover.

Dari sini bisa terlihat perbedaan penggunaan kata Passover dengan Easter di Alkitab bahasa Inggris. Kita kembali pada kisah Petrus, ketika Petrus ditahan saat itu sedang perayaan Roti Tidak Beragi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, perayaan Roti Tak Beragi dirayakan setelah Paskah sedangkan Raja Herodes ingin merayakan Easter yang saat itu akan dirayakan beberapa hari kemudian. Jadi jelaslah bahwa Raja Herodes merayakan Easter yang menyembah dewa Tamus dan Raja Herodes tidak pernah merayakan Paskah peringatan kebangkitan Yesus dari kematian.
Kesimpulan
1. Paskah atau Passover yang kita rayakan adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus mengalahkan kematian. Awal dari perayaan Paskah adalah perayaan dimana Tuhan meluputkan bangsa Israel dari malapetaka maut dimana semua anak pertama bangsa Mesir dibunuh oleh malaikat Tuhan.
2. Perayaan Easter (atau Ishtar) adalah perayaan kebangkitan seorang dewa bernama Tamus yang ditandai dengan perayaan menghias telur dan bersimbol kelinci.
3. Tradisi menghias telur Easter dan kelinci Easter adalah ritual okultisme yang merupakan kekejian bagi Tuhan.
4. Marilah kita menyembah Tuhan bukan berdasarkan tradisi yang ada tetapi berdasarkan perintah dari Tuhan.

Disadur dan diterjemahkan dari berbagai sumber:
?? The Easter Story by Denise Snodgrass (www.onenesschristian.org/easter.htm)
?? The Pagan Origin of Easter by David J. Meyer (www.lasttrumpetministries.org/tracts/tract1.html)
?? Is Easter A Mistranslation? by Dr. Samuel C. Gipp, Th.D. (www.av1611.org/kjv/easter.html)
?? The Truth About Easter (www.ministriesofchrist.org/Easter.htm)

Selamat merayakan Paskah 2007. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

ditulis oleh : Pdt. Theodorus


4 komentar pada warta ini
Selasa, 10-04-2007 16:36:16 oleh: marc
Nice and good article Sis JBU

Rabu, 11-04-2007 06:17:20 oleh: Retty
Sangat informatif! Tapi bagimanapun dalam berbahasa Inggris kita mau tidak mau kan harus berkata "Happy Easter!", dalam kamus Oxford sendiri terjemahan Easter adalah " anniversary of the Resurrection of Christ, observed on the first Sunday after a full moon on or after 21 March. Mengenai bagaimana tradisi mempengaruhi agama, tentunya ada sejarahnya. Sangat berguna untuk mengetahui sejarahnya. Tulisan ini saya vote sangat berguna. Hanya saya kurang setuju dengan poin kesimpulan no 3, karena pemeliharaan tradisi telur Paskah tidak lagi berdasar kepada okultisme, melainkan sebagai bagian dari perayaan iman terhadap kelahiran kembali manusia. Dengan penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus, manusia dibebaskan dari kematian kekal (dosa) dan dilahirkan kembali sebagai manusia baru. Dalam agama Katolik setiap malam Paskah ada upacara lilin atau upacara terang (maaf kalau salah istilah) dimana janji baptis diulangi, sebagai tanda pembaharuan diri. Telur menjadi tanda dari kehidupan baru tersebut. Mungkin cara pandang ini adalah suatu perbedaan antara agama Kristen Katolik dengan Kristen lainnya dalam menerjemahkan tradisi. Komentar ini hanya sebagai penyeimbang sudut pandang yang mungkin bersifat pribadi.

Rabu, 11-04-2007 08:13:51 oleh: bajoe
Yup, itulah pentingnya membaca sejarah. Kalau belajar sejarah banyak agama, semua tumbuh kembang tanpa lepas dari konteks dan tradisi sebelumnya. Walaupun kemudian dimaknai berbeda. Contoh yang sama di agama Nasrani soal perayaan Natal tanggal 25 Desember, yang mengadopsi tradisi sebelumnya yaitu perayaan / pemujaan Dewa Matahari. Tetapi tentu saja orang Nasrani tidak lagi memuja dewa Matahari, walau tanggalnya sama. aku setuju dengan pendapat Retty bahwa tradisi menghias telur Paskah di kalangan Nasrani sudah bukan lagi dimaknai okultisme. Mungkin kalau disurvei, sebagian besar orang Nasrani tidak tahu soal okultisme ini. Jadi aku berbeda pendapat dengan Bapak Pendeta penulis artikel ini. Kalau menghias telur bagian dari kemeriahan sikap religius seorang Nasrani, ya kenapa tidak? Toh, kalau mengaca lagi ke sejarah agama-agama dunia, berdialog dengan tradisi (lokal maupun globa) adalah sesuatu yang tak dapat dihindari oleh agama apapun. Sampai saat ini juga.

Rabu, 11-04-2007 12:28:21 oleh: Febri
Memang manusia cenderung mencari jalan yang paling susah untuk mencapai tujuan akhirnya. Ditambah lagi seringnya 'terlalu kreatif' dalam melakukan sebuah tindakan tanpa tahu latar belakang sesungguhnya, bahkan tidak tahu akibat yang ditimbulkannya. Sudah begitu menyeret-nyeret orang lain untuk menyetujui tindakannya dan sedikit 'memaksa' untuk melakukannya juga. Anyway...kita perlu tahu mengapa kita melakukan sesuatu dan mengujinya semuanya itu.

12 comments:

  1. Tulisan ini saya ambil dari wikimu.com, sekedar supaya tahu bagaimana cara pandang orang lain terhadap suatu tradisi. Sekedar supaya melek sejarah dan tidak membabi buta menerima pandangan-pandangan dari luar.

    ReplyDelete
  2. Kata Easter yang muncul di Kis. 12:4 hanya ada di versi King James. Versi Bahasa Inggris lainnya tetap pakai Passover sebab dalam bahasa Yunani ayat ini memakai kata Pascha yang artinya Pesakh (bhs. Ibr.) atau Paskah. Btw. Herodes yang ini sebenarnya memang merayakan Paskah sebab ia benar-benar orang Yahudi dari pihak ibu. (Berbeda dengan Mbahnya: Herodes tua yang membunuh bayi Betlehem, yang orang Edom keturunan Esau). Pak pendeta kalau membenci Herodes seharusnya tetap dijaga objektivitasnya dong he he he.

    ReplyDelete
  3. Anonymous9:03 PM

    Woah! I'm really digging the template/theme of this website. It's simple,
    yet effective. A lot of times it's challenging to get that "perfect balance" between usability and visual appeal. I must say you have done a fantastic job with this. In addition, the blog loads very quick for me on Opera. Excellent Blog!

    Feel free to surf to my site ... www.cooperkatz.com
    Feel free to visit my website ... preparedness

    ReplyDelete
  4. Anonymous9:43 PM

    I'm not sure why but this weblog is loading extremely slow for me. Is anyone else having this problem or is it a problem on my end? I'll check back later on and see if the
    problem still exists.

    Take a look at my blog: soldiery
    Also see my site :: sulphurous

    ReplyDelete
  5. Anonymous12:43 AM

    Searching stumbleupon.com I noticed your web site bookmarked as: Blogger: Journey
    to His words. Now i'm assuming you book marked it yourself and wanted to ask if social bookmarking gets you a good deal of visitors? I've been thinking of doing some
    social bookmarking for a few of my websites but wasn't sure if it would yield any positive results. Many thanks.

    Also visit my blog ... account
    Also visit my weblog ... private

    ReplyDelete
  6. Anonymous5:42 PM

    Hi exceptional website! Does running a blog similar to this take a large amount of work?

    I have no understanding of programming but I had been
    hoping to start my own blog soon. Anyhow, if you have any ideas or tips for new blog
    owners please share. I know this is off subject however I simply needed to ask.
    Appreciate it!

    Feel free to surf to my weblog: online

    ReplyDelete
  7. Anonymous7:23 PM

    Have you ever thought about including a little bit more than just your articles?

    I mean, what you say is fundamental and everything.
    However imagine if you added some great images or video clips to give your posts more, "pop"!
    Your content is excellent but with pics and video clips, this website could definitely be one of
    the best in its niche. Amazing blog!

    Also visit my website pvc

    ReplyDelete
  8. Anonymous4:19 AM

    Incredible! I'm truly enjoying the design of your site. Are you using a customized template or is this readily available to all individuals? If you do not want to say the name of it out in the public, please be sure to email me at: doloresmedlin@gmail.com. I'd really enjoy to get my hands on this theme!
    Thanks.

    My website :: local
    My website > http://www.bullrunnow.com

    ReplyDelete
  9. Anonymous1:51 PM

    I'm starting up a new online blog directory and was wanting to know if I can submit your site? I'm trying to mature my directory little by little by hand so that it maintains top quality.
    I will make sure and put your blog in the best category
    and I'll additionally use, "Blogger: Journey to His words" as your anchor text. Please be sure to let me know if this is acceptable with you by mailing me at: rosita.locklear@freenet.de. Cheers

    Feel free to visit my web site: originalno

    ReplyDelete
  10. Anonymous1:47 PM

    Hi! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I really enjoy reading your articles.
    Can you suggest any other blogs/websites/forums that
    deal with the same subjects? Thanks a lot!

    Also visit my website; vage

    ReplyDelete
  11. Anonymous8:31 AM

    Hi! My name is Marie and I just wanted to say your blog website is great!
    It's amusing due to the fact I use to have a blog website that nearly had an identical web address: http://www.blogger.com/comment.g?blogID=32634405&postID=2634202172326222125 mine was only a few letters different. Anyways, I am a big fan of your blog site and if you ever want a guest write-up you should email me personally at: clydecrum@gawab.com. I absolutely love writing!

    Feel free to visit my homepage :: lost data
    My site :: information

    ReplyDelete
  12. Anonymous4:32 PM

    I am curious which blogging and site-building platform you might be using?

    I'm new to blogging and have been thinking about using the Ning platform. Do you think this is a good foundation to start with? I would be extremely thankful if I could ask you some questions through e-mail so I can learn a bit more before getting started. When you have some free time, please be sure to get in touch with me at: angeliapoore@yahoo.de. Thankyou

    Take a look at my web page info

    ReplyDelete