Friday, February 26, 2010

Hukum Positif

Dari pertemuan kedua Pendalaman Iman Lingkungan Masa Pra Paskah 2010, saya terkesan pada ajakan fasilitator acara untuk melihat kata-kata Yesus dalam Matius 19: 16-26 dengan menggunakan kacamata positif. Kata-kata yang perlu dilihat dari sudut pandang positf itu ada di ayat 18.

Dalam berbagai sesi pendidikan anak, orang tua selalu diajari untuk mulai menghindari kata "jangan", dan "tidak boleh". Katanya sih, dengan menggunakan kata negatif seperti ini yang akan teringat hanya kata kerjanya, yang justru tidak kita inginkan untuk dilakukan. Jadi kata "jangan nakal" hanya akan mengingatkan anak bahwa ia nakal...

"Jangan membunuh," kata Yesus. Apakah kita adalah pembunuh? Mungkin kita melakukan pembunuhan karakter, pembunuhan semangat, atau pembunuhan lainnya? Tetapi mencoba mendengarkannya dengan terjemahan positif menjadi sangat menyenangkan. "Sudahkah kita memberi kehidupan kepada orang lain?"

"Jangan berzinah," kata Yesus. Apakah kita pernah tidak setia? Dalam pikiran? Dalam perbuatan? Tetapi mencari-cari kelemahan tidak akan memperbaiki diri. Untuk maju ke depan, lebih menyenangkan mendengar: "Sudahkah engkau mencintai dengan sungguh-sungguh?"

"Jangan mencuri," kata Yesus. Apakah kita pernah korupsi? Minimal korupsi waktu seperti aku ketika menulis blog? Rasanya motivasi akan lebih terbangun bila yang terdengar menjadi, "Sudahkan engkau memberikan bagian dari milikmu kepada orang yang membutuhkannya?"

"Jangan mengucapkan saksi dusta," kata Yesus. Apakah kita sudah terbiasa dengan kebohongan kecil? Atau kita menganggap "white lie" itu perlu? Sebenarnya nurani tidak bisa dibohongi. Jadi, lebih baik bertanya, "Sudahkan kita mengikuti suara hati yang murni?"

Pertanyaan-pertanyaan itu rasanya bisa membantuku untuk fokus kepada hasil yang ingin dicapai. Menerapkan pola berbicara yang positif terhadap anak-anak sangat tidak mudah, tetapi dengan bantuan pembalikan fokus dari contoh di atas, rasanya lebih mudah untuk bergerak maju.

Tuhan,
terima kasih karena kami memperoleh kacamata baru,
yang mampu membantu kami untuk melihat dari sisi positif
sehingga dunia bisa tampak lebih indah,
dan tugas kami juga terdengar lebih menyenangkan...
Fokus kami menjadi jelas,
dan jalanMu menjadi lebih terang...
Tetapi Bapa,
kami manusia yang seringkali terjatuh,
bantu kami untuk bangkit kembali,
beri kami Roh KudusMu agar senantiasa mampu melihat dari sisi yang positif
dan mampu mengisi dunia dengan hal-hal yang positif,
amin.

No comments:

Post a Comment